Asuransi Mobil adalah Salah Satu Cara Merawat Mobil Kesayangan

MPMInsurance Asuransi Mobil
(sumber : pexels.com)

Mobil sudah tidak lagi menjadi salah satu barang mewah bagi masyarakat pada umumnya. Apalagi untuk pribadi dengan mobilitas yang tinggi ataupun memiliki jumlah anggota keluarga yang banyak. Dengan kondisi tersebut diperlukan alat transportasi yang fleksibel dan mobil menjadi salah satu alternatif terbaik.

Saat ini jumlah mobil di Indonesia berjumlah sekitar 20jt unit, dengan rasio kepemilikan sebesar 99 setiap 1000 penduduk. Dan Pulau Jawa menempati posisi pertama untuk kepemilikan kendaraan bermotor dengan persentase 59%.

Pengalamanku dengan Asuransi Mobil

Dengan jumlah kendaraan bermotor sebanyak itu, maka tidak salah jika kita melengkapi mobil dengan produk asuransi terbaik. Asuransi mobil merupakan salah satu alat proteksi atau perlindungan terhadap kerugian atas mobil yang kita miliki.

Saya sendiri selaku pengendara mobil juga sudah merasakan manfaat dari kepemilikan asuransi mobil. Sudah beberapa kali mobil saya terserempet kendaraan lain secara tidak sengaja. Dan yang terburuk adalah saat saya menabrak teras rumah.

Saat itu bemper depan mobil sampai terlepas karena tersangkut tembok. Sesaat setelah kejadian tersebut, sayapun merasa was-was atas biaya yang harus saya keluarkan nanti. Untuk perbaikan bemper mobil tentulah bukan jumlah yang sedikit menurut saya. Namun berkat adanya asuransi mobil, ternyata kekhawatiran tersebut tidak terbukti.

Keesokan harinya, saya langsung membawa mobil tersebut ke kantor asuransi. Disana saya hanya perlu menulis kronologis kejadian dan memberikan surat pelengkap yang diperlukan. Selanjutnya mobil akan diserahkan dari pihak asuransi ke bengkel yang telah bekerjasama.

Beberapa hari setelahnya, saya mendapatkan telepon dari pihak asuransi bahwa mobil saya sudah selesai servis. Saya tinggal mengambilnya tanpa harus mengeluarkan biaya sepersenpun. Itulah salah satu keuntungan yang saya rasakan dengan adanya asuransi mobil.

Keuntungan Asuransi Mobil

Disamping keuntungan yang saya rasakan diatas, ada beberapa keuntungan lainnya dari memiliki asuransi mobil. Beberapa keuntungan lainnya adalah :

  1. Memberi perlindungan kendaraan dari berbagai resiko kerugian
  2. Proteksi kecelakaan diri terhadap pengemudi dan penumpang
  3. Memberikan perlindungan jika terjadi kehilangan akibat pencurian
  4. Memberikan rasa aman dan tenang kepada pemilik pada saat berkendara
  5. Membantu dalam perencanaan keuangan, dimana kita sebagai pemilik tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tidak terduga apabila terjadi kerugian pada kendaraan kita
  6. Mengatasi penurunan harga jual mobil
  7. Penanganan perbaikan yang terjamin, karena pihak asuransi telah bekerja sama dengan bengkel terpercaya.
Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, maka kita sebagai pemilik mobil akan lebih merasa tenang. Tidak perlu mengkhawatirkan biaya yang tak terduga atas kerugian yang dialami mobil kita.

Resiko Pertanggungan Asuransi Mobil

Dengan memiliki Polis Asuransi Mobil, maka kita memilliki beberapa resiko yang ditanggung oleh pihak asuransi. Resiko tersebut diantaranya adalah :

  • Bencana (termasuk banjir, gempa bumi, angin topan)
  • Kecelakaan untuk penumpang
  • Huru hara dan kerusuhan
  • Terorisme
  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketika, dimana pihak asuransi akan membayarakan biaya ganti rugi terhadap pihak ketiga saat kita mengalami kecelakaan.
  • Tanggung jawab hukum terhadap penumpang

Jenis Asuransi Mobil

Saat ini asuransi mobil di bedakan menjadi dua yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi mobil total loss only (TLO). Asuransi mobil TLO adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan atas resiko dengan nilai perbaikan sama dengan atau lebih dari 75% nilai kendaraan. Serta menjamin kerugian akibat kehilangan akibat pencurian. Asuransi mobil TLO akan lebih cocok untuk daerah dengan tingkat kriminalistas yang tinggi. 

Sedangan asuransi mobil all risk memberikan ganti rugi sebagian atau keseluruhan atas kerusakan/kerugian sebagaimana tercantum dalam polis. Kerusakan minor seperti lecet, peyok dan lainnya masuk dalam pertanggungjawaban asuransi all risk. Jenis asuransi all risk ini akan lebih cocok diterapkan untuk kota besar seperti Pulau Jawa, karena kemungkinan baret dan lecet lebih tinggi. 

Dari segi biaya premi, maka asuransi mobil TLO memiliki nilai premi yang lebih rendah dari asuransi mobil all risk. Hal ini sangat wajar karena asuransi mobil all risk memberikan nilai pertanggung jawaban atas segara kerugian baik sebagian atau keseluruhan.

Oleh karena itu, memilih jenis asuransi mobil haruslah disesuaikan dengan jenis pertanggungjawaban yang kita inginkan. Jika kita ingin asuransi yang mengcover semua jenis kerusakan maka asuransi mobil all risk menjadi pilihan terbaik.  

MPMInsurance sebagai Asuransi Mobil Terbaik

MPMInsurance adalah salah satu perusahaan asuransi terbaik yang telah berdiri sejak 8 Mei 2012 dan telah mendapat izin dari OJK. Dangan kantor cabang yang telah banyak tersebar di Indonesia menjadi bukti nyata bentuk komitmen perusahaan ini untuk memberikan pelayanan terbaik. 

Perusahaan asuransi ini telah bekerjasama dengan lebih dari 300 bengkel authorized yang tersebar secara luas. Hal ini akan memberikan rasa tenang kepada para konsumen akan hasil perbaikan yang memuaskan. 

Konsumen bisa melakukan konsultasi gratis tentang asuransi mobilnya dengan customer care yang siap melayani 24/7. Konsumen juga mendapatkan layanan ekstra seperti mobil derek dan mobil pengganti pada saat mobil sedang dalam perbaikan.

Perusahaan asuransi ini menawarkan proses klaim yang mudah dan cepat. Memastikan para konsumen mendapatkan dukungan yang paling dibutuhkan saat itu, sehingga konsumen bisa segera beraktifitas normal secepatnya.

Kesimpulan

Memiliki asuransi mobil adalah salah satu cara merawat mobil kesayangan kita. Dengan memberikan perlindungan yang maksimal akan memberikan rasa nyaman kepada pemilik selama mengendarai mobil. 

Pilih jenis asuransi mobil terbaik dari perusahaan asuransi terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik pula!!


#MPMIWritingCompetition2024 
#AsuransiMobil

Sumber :

  1. https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20241004133318-579-1151516/jumlah-kendaraan-di-indonesia-tembus-164-juta-unit-83-persen-motor
  2. https://www.mpm-insurance.com
‹ Lebih lamaTerbaru ✓

1 komentar

  1. Eh baru tahu loh aku ada MPMInsurance, wuah productnya menarik ya.
    Soal asuransinya itu penting banget seh menurutku karena itu sangat membantu kalau ada kejadian2 diluar nurul hehehehe

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts