Menghabiskan Siang di Moetiara Sebelas Banjarmasin

Moetiara Sebelas

Hari itu saya bermaksud membawa si anabul ke petmart untuk grooming. Sambil menunggu dia selesai spa, saya berpikir untuk sekalian makan siang bersama seorang teman. Walhasil sebelum berangkat saya sempet scroll IG untuk mencari tempat makan yang estetik sekitar Banjarmasin. Akhirnya saya menemukan satu tempat yang keliatannya menarik untuk dikunjungi. 

Dari akun IG tersebut, sepertinya tempat makan ini termasuk baru karena baru saja buka pada pertengahan tahun ini. Tempat makan ini adalah Moetiara Sebelas. Nama yang cukup unik dan menarik untuk sebuah coffeeshop. Saya pikir pasti ada cerita dibalik pemilihan nama yang sedikit berbeda ini, tapi sayang saya lupa menanyakannya 😊

Suasana di Moetiara Sebelas

Singkat cerita, setelah mengantar si anabul ke petmart, kami kemudian meluncur ke Moetiara Sebelas. Lokasinya berada di antara perkampungan penduduk tapi tidak sulit untuk menemukannya. Dengan bermodal gmaps dijamin tidak akan nyasar 😀

Kami tiba di Moetiara Sebelas tepat sekitar jam 12 siang, saatnya untuk makan siang. Terlihat dari depan bangunan yang tidak terlalu luas namun menarik. Tersedia area outdoor dan indoor. Area outdoor tentu lebih cocok saat sore dan malam hari. Area parkir sepeda motor juga cukup luas namun untuk area parkir mobil terbatas sehingga harus parkir sisi jalan umum. 

Moetiara SebelasMoetiara Sebelas

Kami berdua tentu saja memutuskan duduk di area indoor sekalian ngadem dan melihat interior Moetiara Sebelas. Begitu membuka pintu maka kita akan disamput dispaly aneka cake dan meja pemesanan/kasir sebalah kanan dan area tempat duduk di sebelah kiri. 

Setelah mendapatkan tempat duduk yang nyaman, kami berdua kemudian memilih makanan dan minuman yang ingin kami pesan. Saya memesan hot kopi butter dan beef paitan ramen sedangkan teman saya hanya memesan es kopi susu krim. 

Sambil menunggu pesanan datang, saya sempatkan untuk melihat-lihat dekorasi yang ditampilkan di Moetiara Sebelas. Moetiara Sebelas adalah sebuah coffee shop yang menawarkan warisan aroma kopitiam dan kuliner dengan sentuhan klasik. Karena bertema warisan dan klasik maka banyak dekorasi yang dipajang merupakan barang-barang klasik tempo dulu. 

Moetiara Sebelas
Moetiara Sebelas

Terdapat rak yang berisi deretan kaset di belakang area barista dan di sisi meja pengunjung. Setelah saya cermati ternyata kaset benar-benar kaset tempo dulu yang masih menggunakan ejaan lama. Mungkin kaset sekitar tahun 80-70'an.

Terdapat juga rak tv dan lemari ukiran yang terlihat sangat vintage. Saat melihatnya saya jadi teringat dengan berbagai barang yang ada di rumah nenek. Didalamnya juga terdapat berbagai barang tempo dulu seperti telepon rumah, radio, gucci dll. Beberapa kursi yang disediakan juga jenis kursi ukiran tempo dulu. Disini kita seperti ingin dibawa ke suasana saat dirumah nenek.

Saat awal datang hanya terlihat dua pengunjung, tapi setelahnya datang rombongan dan juga beberapa pasangan pengunjung. Lumayan ramai juga saat makan siang seperti ini.

Menu di Moetiara Sebelas

Pesanan kami akhirnya datang. Saya langsung mencicipi kopi butternya dan langsung terasa hangat di badan. Manis dan pahitnya juga pas malah cenderung tidak pahit menurut saya yang memang bukan penikmat kopi sejati.


Moetiara Sebelas
Moetiara Sebelas

Untuk beef paitan menurut saya juga cukup nikmat. Saya pikir porsinya tidak terlalu banyak tapi ternyata lumayan banyak juga. Mie ramen dan kuahnya pas terasa gurih dan hangat. Hanya saja untuk telurnya terasa kurang, karena untuk putih telurnya terasa tawar dan tidak lembut. Tapi overall cukup enak karena terbukti saya menghabiskan semuanya hanya menyisakan putih telurnya saja. 

Saya kemudian menambah memesan air mineral dan satu slice brownies. Terasa sayang karena melihat deretan cake tapi tidak mencobanya sama sekali hehe. Untuk potongan brownies menurut saya lumayan besar sehingga kami makan berdua mengingat saya juga habis makan ramen. Rasa brownies cukup enak dan lembut.

Moetiara Sebelas

Selain menu yang kami pesan tadi juga ada beberapa menu lainnya seperti steak dan ricebowl. Untuk pagi hari juga tersedia american breakfast yang terdiri dari kentang, telur dan sosis. Menu sarapan ini tersedia dari pukur 08.00 - 11.00 WITA.

Selain aneka cake juga tersedia jajanan tradisional lain seperti pisang goreng, cireng, bakwan dll. Untuk minumannya juga tersedia menu coffee dan non coffee. 

Harga makanan utama berkisar antara 30-40rb kecuali steak yang memang premium. Untuk minumannya berkisar di  harga 20rban. Aneka camilan dan cake juga berkisar antara 20-30rb.

Lokasi & Jam Buka

Secara keseluruhan Moetiara Sebelas adalah tempat yang menarik untuk menikmati kopi dan bersantai bersama keluarga ataupun teman. Moetiara Kopi buka dari jam 08.00 - 22.00 WITA. Berlokasi di Jl Soetoyo Kompleks Mutiara no 11A. Teman-teman bisa cek langsung untuk berbagai informasinya melalui akun instagram di @Moetiara Sebelas . 

Terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di pengalaman selanjutnya 💓💓

31 komentar

  1. Suasananya tenang ya padahal tepat di jam makan siang. Pasti bakalan banyak yang ke sana tuh buat cari lokasi yang sudah jarang seperti itu. Apalagi kuliner dan minumannya enak dan oke ya...
    Ajak teman atau sakalian ngadain acara di Moetiara Sebelas cocok juga sepertinya

    BalasHapus
  2. Aku cocok dengan suasana Mowtiara Sebelas yang bertema warisan dan klasik. Bakal betah nih menyesap secangkir kopi sambil ngemil brownies atau cake lainnya berteman benda-benda dari masa muda...ah serasa bernostalgia

    BalasHapus
  3. Suasananya nyaman sh, aku lebh suka tempat yg gak terlalu berisik kalo mau kulineran.
    Wah jarang banget pdhal ada tempat yg mau menyediakan kenangan jadul hihiy, soalnya skrang yg banyak diincar tuh trend kekinian, jadi kalo ada yg masih melestarikan kenangan jaman dahulu itu sh keren banget

    BalasHapus
  4. Asik buat nongkrong ini sih, Moetiara Sebelas tempatnya cozy banget ya, enak berlama-lama sambil ngobrol atau kerja sambil ngafe.

    BalasHapus
  5. Asyik nih, aku paling suka cafe atau tempat yang ada kesan vintage-nya, sambil menikmati makanan bisa nostalgia melalui barang atau benda yang ada di tempat tersebut. Btw...bufet atau lemari itu sama kayak di rumah masa kecilku lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbaaa aku liat itu bifet sama lemarinya juga otomatis keinget sama barang2 dirumah nenek ku dulu looo hehe

      Hapus
  6. Unik banget konsepnya ya. Jadi mengenang zaman dulu. Masya Allah pingin kesnaa

    BalasHapus
  7. Lengkap banget ada makanan utama seperti ramen lalu ada dessert dan bisa ngopi2 juga. Bawa keluarga pasti asik dan bawa diri sendiri buat metime atau kerja, sepertinya bakal betah juga

    BalasHapus
  8. wah ini di dekat rumah ibuku. jauh banget dirimu kulineran mbak. hehe. jujur penasaran juga sih sama kafe baru ini mungkin nanti kalau aku ke rumah ibuku aku mampir ke sini juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. oalah iyakah??deket pelabuhan ini kan ya mba...ini karena bingung mo kemana mba..scroll ig nemu ini ya udah cuss selama masih di banjarmasin aja ayokkk haha

      Hapus
  9. Tempat nya benar terasa sepi san sejuk. Nyaman untuk dinner berdua niu

    BalasHapus
  10. Aku suka datang ke cafe seperti ini
    Tidak hanya hidangannya yang sangat memikat, tetapi suasananya juga nyaman

    BalasHapus
  11. Namanya memang unik sih Kak untuk sebuah coffee shop, Moetiara Sebelas. Tempatnya nyaman, masakannya tipe-tipe kopitiam yang cocok biasanya dengan selera Indonesia ya. Beef Paitannya menggoda sekali keliatannya.

    BalasHapus
  12. ngidam banget sama Beef Paitan, jadi pengen mampir juga :D

    BalasHapus
  13. Ternyata di Moetiara walau Kopitiam gak hanya menyediakan masakan peranakan Chinese ya tapi juga ada ramen dan steak. Iya tuh telur rebus kalau di ramen kan agak setengah matang ya jadi tekstur putih telurnya lembut. Jadi pengen makan ramen juga. BTW cangkir di Kopitiam khas banget yaa, nuansanya vintage gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaa aku juga agak kaget kok ada ramen sama steak hehe..tapi ya gpp juga sie malah jadi nambah variasi menu :)

      Hapus
  14. Suasana tempatnya dr foto aja udah bikin nyaman banget, kebayang kalau aku nongkrong disana bakal ga mau pulang kayanya. Apalagi ramennya sangat menggoda sekali

    BalasHapus
  15. Dari mulai mau masuk pintu cafe Moetiara Sebelas aja uda kegambar vintage vibes banget yaah.. Puas banget kalo mencoba menu beef paitan di siang yang terik ini..

    BalasHapus
  16. Nyaman juga nih tempatnya untuk hang out bareng teman dan keluarga yaa.. Meskipun pilihan menunya tidak banyak2 amat, yang penting vibesnya oke nih.

    BalasHapus
  17. Homey dan beneran berasa lagi di rumah nenek ya mba 🤩 bakalan betah ngopi atau makan siang di Moetiara Sebelas.

    Khas banget nih cangkirnya. Menakjubkan ada brownies 🤩 potongannya pun lumayan besar. Kalau kesana boleh lah ku coba mampir.

    BalasHapus
  18. Buat yang lagi cari tempat nongkrong di Banjarmasin, wajib coba Moetiara Sebelas! Selain tempatnya yang instagramable, menunya juga beragam dan harganya terjangkau. Cocok banget buat santai bareng teman atau keluarga.

    BalasHapus
  19. nama cafenya beneran unik mbak, Moetiara Sebelas. Aku kira tadi kayak di Jawa ternyata bukan. Aku suka bagian indoornya, minimalis dan terlihat clean gitu. Betah nih aku kalau WFC dari sini
    harga makanan juga rata-rata sama kayak di Jember kotaku sini mbak, kalau yang premium atau favorit banget harganya bisa diatas 30ribuan

    BalasHapus
  20. Ramennya kliatan ENAAAAK 😍😍😍. Aku suka ramen yg kuahnya creamy rich begitu mbaa. Enaak buat diseruput sampe akhir.

    Kalo telurnya buatku selama kuningnya ga cair atau lembek, aku pasti makan . Putih telur mah pasti aku abisin 🤣.

    Kopi butter ini berarti ada pakai butter ya? Aku beberapa kali cobain kopi pakai butter, ntah kenapa blm bisa ketelen 😅😅. Kayaknya emang ga doyan. Prefer kopi biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbaa enakk ramen nya tapi ya minus nya telur nya sie entah kenapa sepertinya ada yg salah ato perasaanku saja hehe
      Kopi butter nya berasa ada creamy2 nya gt mba...enak sie menurutku yaa secara kan aku bukan pecinta kopi asli :)

      Hapus
  21. Aku klo ke kedai ala kopi tiam ini paling suka pesan kopi butter dan roti bakar srikaya
    Enak banget itu
    Apalagi klo tempatnya senyaman ini

    BalasHapus
  22. Tempatnya luas dan nyaman ya buat ngobrol asyik, buat kerja juga enak, aku penasaran dengan kopi hot butter deh

    BalasHapus
  23. Sekarang tuh ya. Kopi pada dicampur bahan yang aneh menurutku. Butter lah. Santanlah. Aku kayak yang nggak biasa dengan perpaduannya. Tapi, liat testimoni video yang nyobain kok kayak nikmat banget.

    Btw, nama Moetiara Sebelas tuh aku jadi kepikiran sama bus dah. Hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhmmm kalo sama santan kok keliatannya gimana yaa..aku belum pernah nemuin tapi klo yg butter ini enak sie mba menurutku hehe...
      hehehe namanya kayak bukan nama cafe pada umumnya ya mbaa :)

      Hapus
  24. Aku jadi inget ada cafe serupa seperti Moetiara Sebelas Banjarmasin ini di dekat sekolah anakku. Belum masuk ke dalem aja aura vintage-nya kerasa banget.
    Dan ternyataaa.. pas masuk berasa terlempar kembali ke masa lalu. Syuunnng~
    And welcome to the past.. Kudunya, OOTD-an juga gitu.. seru kali yaa.. Pake rok lipit kecil sama baju ala-ala film warkop DKI, hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa mba lendy imaginasinya sampe ke warkop dki loooo yang celana cutbray sama baju bunga2 kah mbaa maksudnya hehe

      Hapus
  25. Wah kopi butter, jadi penasaran rasanya. Aku penasaran juga sama cemilan tempo doeloenya. Terus kombinasi sama kaya toast. Widih!

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts