Pengalaman Menginap dan Ngafe di Barabai

Barabai

Melanjutkan perjalanan sebelumnya, dari Riam Bajandik kami menuju ke Barabai. Hari sudah mulai gelap dan kami memutuskan untuk membeli makan malam bungkus saja karena memang belum terlalu lapar. Setelah membeli makan, kami langsung menuju ke penginapan. Kami menginap di sebuah guest house.

Barabai adalah sebuah kota kecil, jadi jangan berharap ada hotel berbintang disana. Minimarket yang terkenal seperti "si biru" dan "si merah" juga belum masuk ke Barabai. Tapi kemarin waktu kami keliling, saya sempat melihat ada hotel baru yang berdiri, meskipun bukan hotel yang besar namun bisa jadi salah satu referensi hotel jika di Barabai.

Shazza Guest House

Ini adalah kali kedua saya ke Barabai dalam rangka apalagi kalau bukan ngikut suami tugas😅. Seperti biasa, kami di Barabai menginap di Shazza Guest House.  Kami sudah booking terlebih dahulu via telepon untuk satu malam dengan harga 300k.

Shazza Guest House Barabai

Shazza Guest House adalah sebuah penginapan yang sebenarnya tidak terlalu luas namun dia mempunyai area parkir yang cukup memadai. Suasana di Shazza juga cukup nyaman dan yang tak kalah pentingnya adalah kebersihannya sangat terjaga.

Untuk jenis kamar di Shazza Guest House ada di beberapa bagian. Ada kamar di depan yang langsung berhadapan dengan area parkir dan jalan raya utama. Terdapat kamar di bagian tengah yang menghadap ke taman indoor dan ada kamar di bagian belakang yang berhadapan dengan area parkir dan taman outdoor.

Kami menginap di Shazza Guest House untuk dua hari. Di hari pertama, kami mendapat kamar di area tengah namun di hari kedua kami harus pindah ke kamar di area belakang. Hal itu karena kami awalnya hanya pesan untuk satu malam, dan ketika kami ingin extend ternyata kamar tengah sudah dipesan pengunjung lain sehingga kami harus pindah ke kamar yang masih kosong dibelakang.

Menurut saya, kamar di bagian tengah ataupun belakang sama-sama nyaman. Kelebihan kamar bagian tengah adalah tempatnya yang dekat dengan area restoran dan santai. Untuk kamar belakang mempunyai jendela yang lebih lebar sehingga pandangan bisa langsung ke taman, meskipun saat sore terkena terik sinar matahari namun tidak mengganggu.

Shazza Guest House Barabai

Untuk ukuran kamar menurut saya cukup luas. Tersedia tempat tidur double bed, TV, meja, kursi dan lemari terbuka. Untuk tempat tidurnya menurut saya lumayan luas namun sayang hanya tersedia 2 buah bantal sehingga terasa ada yang kurang, mungkin bisa ditambah 2 bantal lagi atau guling. Untuk kamar mandi meskipun kecil namun masih cukup memadai, juga tersedia air panas. Tapi untuk toiletries harus bawa sendiri karena di Shazza Guest House tidak menyediakan.

Shazza Guest House juga menyediakan sarapan setiap harinya, meskipun dengan menu sederhana. Disediakan minuman teh dan kopi juga. Saya dua hari di Shazza mendapatkan sarapan nasi, telur dan ayam kecap di hari pertama. Di hari kedau menu sarapannya adalah nasi sop dengan lauk telur dan ayam tepung.

Lokasi : Jl. H. Damanhuri, Barabai Tim., Kec. Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan 71315

Cafe Co.as Barabai

Barabai saat ini masih belum ada layanan ojek online, sehingga memang harus keluar jika ingin makan karena di guest house juga tidak melayani room service. Berhubung saya ditinggal pak suami kerja, jadi saya memutuskan mencari tempat makan yang lokasinya dekat dengan penginapan.

Setelah scroll instagram dan cek peta akhirnya saya menemukan salah satu rekomendasi cafe di Barabai. Nama cafe tersebut adalah Co.as Dessert Coffe & Eatery. Lokasinya sangat dekat dengan penginapan, hanya sekitar 500m sehingga bisa dijangkau dengan jalan kaki. Betapa beruntungnyaa 😉

co.as barabai

Co.as berada di deretan ruko dengan bangunan dua lantai. Untuk lantai bawah digunakan sebagai area pemesanan, kasir sekaligus beberapa meja pengunjung. Sedangkan di lantai 2 sepenuhnya digunakan sebagai area pengunjung yang terdapat 2 bagian yaitu indoor dan outdoor. Dan ternyata pada hari tertentu juga sering diadakan live music saat malam hari.

Saya menuju cafe co.as saat jam makan siang. Karena letaknya yang memang sangat dekat dengan penginapan jadi tidak perlu waktu lama, hanya beberapa menit saja. Sampai disana terlihat dua orang pengunjung yang berada di lantai bawah. Saya juga memilih tempat di lantai bawah karena terasa nyaman dan sedang tidak terlalu ramai.

Saya memesan Lotus Biscoff untuk minuman dan Spaghetti Carbonara untuk makanannya. Saat di meja kasir saya juga melihat rak pendingin yang penuh dengan aneka macam slice cake. Hati tergoda untuk memesan tapi diurungkan, saya pikir nanti saja kalo memang masih belum kenyang mungkin bisa tambah slice cake 😀.

Sambil menunggu pesanan datang saya kemudian mengambil beberapa foto di lantai bawah. Cukup rapi dan estetik menurut saya. Meskipun ruangan tidak terlalu besar namun nyaman untuk bersantai.

Untuk menu makanan dan  minuman yang tersedia juga cukup lengkap. Tersedia aneka kopi, teh, soda dan minuman lainnya. Makanannya juga tersedia aneka nasi ayam, western, camilan serta aneka cake dan pastry. Semua tersedia dengan kisaran harga antara 20k-40k.

co.as barabai

Tak berapa lama, satu persatu pesanan saya akhirnya datang. Lotus Biscoff terlihat sangat menggoda dengan whipped krim yang melimpah, dijamin kadar gula langsung meningkat 😁. Meskipun penuh dengan krim namun menurut saya manisnya pas, tidak bikin enek dan cukup menyegarkan.

Kemudian Spaghetti Carbonara datang dengan tampilan yang tidak kalah cantik. Spaghettinya mempunyai tingkat kematangan yang pas untuk saya, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek. Krimnya juga melimpah dan gurih. Ditambah irisan ayam panggang yang empuk dan manis jadi terasa semakin nikmat.  Walhasil kedua pesanan ini saya habiskan tanpa bersisa😁

Saya memutuskan untuk bersantai sejenak di co.as sebelum kembali ke penginapan. Matahari yang terik saat itu membuat saya enggan beranjak. Menurut saya, co.as bisa jadi salah satu tempat makan rekomended buat teman-teman yang sedang di Barabai. Meskipun terlihat kecil namun ternyata lumayan luas dan kuliner yang disajikan juga lengkap.

Lokasi : Jl. Ir. Pangeran Haji Muhammad Nur, Barabai Timur.
Buka : setiap hari 07.00- 23.00 WITA.

Itulah pengalaman saya menginap dan mencoba salah satu cafe di Barabai. Meskipun bukan kota besar ternyata semua pelayanannya tidak ada yang mengecewakan. Terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita selanjutnya 💓💓

13 komentar

1. Menyenangkan sekali ya di Barabai sudah ada guest house dan cuka cafe yang cakep seperti ini, jadi para traveler yang mampir ke kota ini bisa mendapatkan fasilitas yang cukup baik dan juga memadai tidak kalah seperti di tempat-tempat lain

BalasHapus
  2. Baru denger loh aku nama kota Barabai ini mba. Kalo ga baca tulisan mba, mungkin ga akan tahu kecuali datang kesana 😄.

Tp ini guest house nya baguuuus. Aku inget mirip juga dengan kos premium. Lumayan luas pula dalamnya. Melihat ada taman juga, pasti betah sih kalo memang stay lama.

Cuma memang bantalnya aku liat ga cukup. Walopun dua tp agak kecil yaa. Aku tipe yg suka pakai bantal besar 😄

BalasHapus
  3. Nyaman banget Co.as ini sih, paket lengkap sih tinggal nambah bawa bantal guling sendiri, ahahaha. Soalnya kasurnya cukup lega, tapi bantalnya cuma dua. Aku baru dengar kota Barabai di Kalimantan ini, indah yaaa...

4. 300rb dengan kamar yg cukup lega dan bersih itu itungannya murahh ya Mbak. Suka deh Ama guest housenya. Apalagi dapat sarapan.

Kafenya juga cakep euy. Jadi pengen coba minuman lotus juga (belum pernah aku tuu wkwkwk).

BalasHapus
  5. Wah mba eryka uda keliling barabai ajah. Aku bbrp kali ke barabai belum pernah ke guest house ini sih, kayanya bagus ya, nanti kapan2 aku mau coba. Cafe nya juga gak mahal2 bgt

6. Aah seru bgt bisa explore ke kota2 kecil sperti ini. Jauh bgt dri kebisingan dan kemacetan yg bkin pusing kepala. Walau kota kecil tpi udah bagus ya fasilitas dan tempat2nya ya mba

7. Wajib aku save ini, siapa tau bakal berkunjung ke Kalimantan Selatan (sebegai bentuk doa juga tentunya) hehehe... Tempatnya bagus banget, kalaupun lagi malas kemana-mana bisa tetap bersantai di hotel dengan suasana yang nyaman dan desain hotel yang cantik...

BalasHapus
  8. Tempatnya terlihat sangat nyaman dan ruang kamarnya juga leha dan luas yah. Banyak unsur kayu jadi terasa lenih hangat dan nyaman. Ada cafe juga yang bikin kita ngga repot kalau pengen makan enak, sudah ada cafenya

9. Menarik banget Kota Barabai ini, cocok buat jadi destinasi wisata refreshing dan ngadem sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Takjub sama Shazza Guest House, kamarnya cukup luas dan fasilitasnya mumpunim apalagi berjarak sekitar 500m ada tempat makan dan ngopi yang nyaman serta enak. Lumayan memudahkan saat menginap dan perlu suasana tempat makan yang enakeun serta nyaman.

Terima kasih sudah berbagi kisah di Kota Barabai, nama kota yang unik serta asyik buat dikunjungi.

BalasHapus
  10. untuk ukuran kamarnya termasuk cukup luas mbak dan yang penting bersih, awalnya aku kira guest housenya kayak suram gitu, ternyata enggak, malahan punya halaman yang luas.
    dan kalau nyari penginapan biasanya aku juga survey soal tempat makannya, apakah disekitar penginapan ada resto atau cafe, jadi biar ga perlu jalan jauh kalau misalnya tiba tiba pengen ngafe

11. Wah seru ya mudik sekalian bisa staycation tipis tipis
    Asik juga klo guest house punya cafe cantik gini
    Bisa nginep sekaligus ngafe cantik ya kak

BalasHapus
  12. Gak kerasa hiruk pikuk perkotaan kalau menginapnya nyaman kaya di Shazza Guest House yaa.. Tapi Barabai ramai kah? Kayanya kalau melihat lokasi Barabai ini masih jauh dari IKN yaa..

Menu Spaghetti Carbonara dipadukan sama Lotus Biscoff ini mashaAllaa siih..
    Segeerr banget.
    Tapi kayaknya kurang yaah.. kalau porsi Spaghetti Carbonara seimut ituuh??

BalasHapus
  13. Walaupun bukan hotel berbintang tapi penginapannya nyaman dan bersih ya, asri pula ada taman yang terawat..apik...