Kulineran Selat Solo di Omah Selat Solo

Omah Selat Solo

Saat hendak menuliskan cerita kuliner ini, saya bimbang antara menuliskannya atau tidak. Kenapa saya bimbang? Karena saat awal saya ingin menuliskan cerita ini, saya membaca berita tentang musibah yang terjadi di rumah makan tersebut. Tapi setelah saya pikirkan, maka sebaiknya saya tulis saja sekalian memperkenalkan salah satu kuliner khas Solo. Dan musibah apakah yang sebenarnya terjadi? Nanti saya ceitakan di akhir cerita ya...

Seperti biasa, kalau mudik ke Solo saya tidak pernah melewatkan untuk sekaligus kulineran di sekitaran Solo. Dan salah satu kuliner khas Solo adalah SELAT SOLO. Banyak tempat makan di Solo yang menyediakan menu selat solo. Teman-teman adakah yang sudah pernah mencicipi kuliner Selat Solo ini??

SEJARAH SELAT SOLO

Selat solo adalah salah satu kuliner khas solo yang mendapat pengaruh dari hidangan Eropa pada masa penjajahan dulu. Selat solo adalah kuliner dengan perpaduan aneka sayuran dan daging serta kadang ada tambahan telur ayam rebus.

Menurut sejarah, Selat Solo pertama kali muncul saat Benteng Vastenberg yang berdekatan lokasinya dengan Keraton Surakarta mulai didirikan. Makanan ini hadir karena seringnya diadakan pertemuan antara pihak Belanda dan pihak keraton. 

Pihak Belanda terbiasa dengan makanan olahan daging, sedangkan pihak Keraton terbiasa dengan aneka sayuran. Untuk menengahi keinginan kedua belah pihak maka terciptalah selat yang merupakan perpaduan antara daging dan aneka sayuran. 

Nama selat sendiri berasal dari kata slachtje dari bahasa Belanda yang berarti salad. Slachtje juga bisa diartikan daging iris, karena Selat Solo terdiri dari irisan sayur dan daging. Asal kata slachtje kemudian oleh lidah Jawa dibaca cepat menjadi selat

PENYAJIAN SELAT SOLO

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, Selat Solo ini adalah perpaduan antara sayuran dan daging iris. Daging sapi yang digunakan biasanya adalah daging has dalam yang empuk. Daging has dalam dan telur ayam dimasak dengan kecap sehingga berwarna coklat.

Sayuran yang digunakan adalah irisan wortel dan buncis rebus, kentang goreng dan selada. Ditambah dengan acar yang membuatnya terasa lebih segar. Serta sedikit mayones yang merupakan salah satu ciri khas hidangan Eropa. 

Kedua jenis protein tersebut ditata dengan rapi di piring yang kemudian ditambah kuah coklat yang segar dengan bumbu rempah. Penggunaan bumbu rempah, kecap dan gula jawa ini adalah ciri khas masakan Jawa, terutama Solo.

OMAH SELAT RESTO 

Di Solo banyak sekali pilihan rumah makan yang menyajikan hidangan Selat Solo. Salah satu yang terkenal adalah Omah Selat. 

Omah Selat pertama kali berdiri pada tahun 2008, berlokasi di Jl Gotong Royong no 13 Jagalan Jebres Solo. Saya juga sudah beberapa kali mampir ke Omah Selat Jagalan. Tempatnya yang tidak terlalu luas justru memberikan kesan homey dengan berbagai ornamen Jawa yang kental.

Dan pada bulan Maret 2024 telah dibuka cabang baru Omah Selat yang berlokasi di daerah Klodran Karanganyar. Daerah Klodran adalah daerah perbatasan dengan Solo bagian utara. Daerah Klodran saat ini juga sedang banyak bersolek karena ada banyak kuliner baru yang bisa ditemukan disini. Hal tersebut mungkin karena lokasinya yang dekat dengan EXIT TOL Solo. 

Ada perbedaan jam operasional antara Omah Selat Jagalan dan Omah Selat Klodran. Omah Selat Jagalan buka dari jam 10.00 WIB-17.30 WIB. Sedangkan Omah Selat Klodran buka dari jam 11.00 WIB-21.00 WIB.

Omah Selat SoloOmah Selat Solo

Omah Selat Klodran mempunyai area yang lebih luas dengan bangunan yang menerapkan konsep Jawa. Terlihat dari bangunan yang digunakan, hampir seluruhnya menggunakan kayu serta furniture yang digunakan juga dari kayu jati.

Omah Selat Klodran terbagi menjadi tiga bagian, yaitu depan yang dekat area kasir. Area tengah dan area belakang yang terbagi menjadi dua sisi. Sisi kanan adalah area dengan meja kursi sedangkan sisi kiri adalah area lesehan. Omah Selat Klodran juga dilengkapi fasilitas toilet dan mushola yang cukup bersih. 

MAKAN SIANG DI OMAH SELAT RESTO

Saat mudik minggu kemarin, saya bersama dua orang teman memutuskan untuk mencoba makan siang di Omah Selat Klodran. Kami tiba di Omah Selat Klodran sekitar jam 12an. Terlihat rombongan ibu-ibu yang sedang menikmati makan siang ditemani dengan alunan organ tunggal. 

Kami memutuskan untuk memilih duduk di area lesehan agar lebih leluasa dan tidak banyak orang lalu lalang. Kedua teman saya memesan Selat Segar Solo dengan minuman es lemon tea dan es jeruk. Sedangkan saya memesan es teh kampul, kroket solo sebagai camilan dan Chicken Mushroom Omah Selat sebagai menu utamanya.

Kenapa saya menambah camilan?? Karena saat itu saya belum sempat sarapan sehingga terasa sangat lapar😀. Ternyata kroket adalah makanan khas Perancis yang sampai ke Indonesia karena dibawa oleh pihak Belanda. 

Es teh kampul adalah es teh yang ditambah irisan jeruk sehingga terasa lebih segar. Kenapa disebut es teh kampul?? Karena terlihat irisan jeruk yang kampul (mengambang) didalamnya. Dan sepertinya es teh kampul ini hanya bisa teman-teman temukan di daerah Solo dan sekitarnya. Mungkin di daerah lain juga ada hanya berbeda nama 😁

Saat itu saya tidak memesan Selat Solo karena beberapa hari sebelumnya saya sudah makan selat dari Omah Selat yang saya pesan melalui ojek online. Sehingga saat di Omah Selat saya ingin mencicipi menu lainnya😊

Omah Selat Solo

Tak berapa lama pesanan kami datang satu persatu. Seperti biasa sebelum kami menikmati makanan terlebih dahulu mengambil foto cantik kuliner untuk dokumentasi😉

Porsi hidangan di Omah Selat ini saya rasa sesuai dengan harga yang ditawarkan. Porsinya sangat melimpah dan tidak pelit. Untuk Selat Segar Solo, sayurannya cukup banyak ditambah irisan daging yang juga empuk. Kuah Selat yang manis namun tetap terasa segar sehingga tidak eneg.

Chicken Mushroom Omah Selat pesanan saya juga tidak kalah enaknya. Daging ayam digoreng dengan tepung katsu kemudian ditaburi irisan keju yang melimpah diatasnya. Disiram saos khas omah selat terasa makin nikmat. Dilengkapi juga dengan kentang goreng, wortel dan salad sayur. Benar-benar sebuah hidangan yang cukup memanjakan lidah dan mata.

Kroket solo yang juga salah satu camilan favorit saya. Ada bebrapa rumah makan yang menyajikan kroket solo yang cukup enak menurut saya tapi ada juga yang standart. Dan Kroket Solo di Omah Selat masuk dalam daftar fevorit saya. 

Perpaduan antara susu dan keju dicampur dengan kentang tumbuk, terasa pas dan gak bikin enek. Ponakan yang saya bawakan kroket ini sampai habis dua porsi dan katanya juga enak 😀.

Omah Selat Solo

Selain kedua kuliner tersebut, Omah Selat juga menyediakan kuliner lainnya khas Solo sepeti sop manten dan nasi langgi. Omah Selat ini masuk dalam daftar rumah makan favorit saya jika ingin menjamu teman untuk kulineran khas Solo.

MUSIBAH DI OMAH SELAT

Omah Selat Solo
sumber : IG @omahselat

Seperti yang saya sebutkan diawal bahwa Omah Selat mengalami musibah. Lebih tepatnya adalah musibah kebakaran yang disebabkan oleh konsleting pada Sabtu dinihari kemarin.

Akibat musibah tersebut bangunan Omah Selat Klodran habis terbakar. Bangunan yang sebagian besar menggunakan kayu mungkin salah satu hal yang menyebabkan api mudah membesar.

Karena musibah tersebutlah Omah Selat Klodran hingga saat tulisan ini saya buat masih tutup dan berusaha untuk kembali bangkit. Saya turut mendoakan semoga musibah ini tidak mengecilkan semangat Omah Selat untuk melakukan renovasi dan kembali melayani masyarakat.

Untuk teman-teman yang ingin mengetahui info terbaru tentang Omah Selat bisa langsung cek IG di @OmahSelat. Teman-teman juga masih tetap bisa menikmati Selat Solo dan kuliner khas Solo lainnya di Omah Selat Jagalan. 

Terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita selanjutnya 💓💓

23 komentar

  1. Ya Allah...semoga mereka bangkit lagi ya dan bisa direnovasi jadi cantik kembali.

    Kuah selat cenderung manis jadi kayak semur gitu Kak? Eh aku pernah lihat varian selat solo yg daging dihaluskan jadi kayak rollade gitu. Di sana ada juga kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang daging dihaluskan itu namanya Selat Galantin mbaa..di sini juga ada kok jadi ada beberapa macam jenis nya
      Nahh iyaa kuah selat mirip2 kuah semur mbaa..aku kemarin nyari persamaannya kok bingung hehe

      Hapus
  2. sedihh pas tau kebakaran, tadi pas baca awal-awal wahh menarik nih mampir kesini. Semoga segera bangkit lagi
    Dari dulu belum kesampaian cobain selat solo langsung di kotanya, sepertinya ibuku dulu pernah bawa selat ini waktu balik kampung ke Solo,tapi kayaknya lebih puas kalau menikmati langsung di Solo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbaa..lebih enak menikmati langsung dr kota asal nya biar sekalian kulineran yang lain juga yaakkk :)

      Hapus
  3. Innalillahi wainnaillaihirojiun. Semoga tempat makannya bisa kembali pulih dan cantik lagi kayak sebelumnya. Ngomongin selat solo saya jadi kangen makan kuliner khas ini. Kebetulan tante saya orang Solo yang tinggal di Jogja, jadi kalo main ke Solo sama beliau paaasstii diajakin makan selat solo. Hihi..

    BalasHapus
  4. Innalillahi, ya Allah sedih banget liat Omah Selat sampe habis tinggal kerangka bangunan akibat di lalap si jago merah 😭. Semoga mereka segera bisa bangkit lagi ya, pastinya kerugiannya besat.

    Selat Solo salah satu makanan yang aku suka juga kalau misal ada acara kesana. Beberapa kali kesana buat ketemu sodara dari bapak. Jadi nambah ilmu lagi nih terkait sejarahnya Selat Solo.

    Seneng banget pastinya bisa makan di tempat makan yang nyaman,makanan enak dan di temani para bestie.

    BalasHapus
  5. Ya Allah mbaaa, sedih banget 😔. Aku doain juga omah selat bisa bangkit lagi dan survive.

    Aku termasuk penyuka selat solo, bangettttt.

    Thank to mama mertua yg ngenalin banyak kuliner solo pas aku udh jadi bagian keluarga. Termasuk salah satunya selat solo yg JD favorit 😍😍😍. Manis gurihnya, memang nyaman di perut sih.

    Aku baru tahu loh kroket itu dr Prancis tp dibawa oleh Belanda. Selama ini kirain kuliner Belanda.

    Kroket yg aku suka juga kalo di solo, kroketnya Kusuma sari mba. Enaak itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbaaaa kroket Kusuma Sari memang the best menurutku...bisa habis banyak klo nyemilin krokes KS..yg kroket omah solo enaknya juga mirip2 lahhh ;)

      Hapus
  6. Baca ini jadi kepengen makan di selat Solo deh. Udah lama ga makan Selat Solo yang otentik. Apalagi banyak makanan lain yang enak dan jarang Saya temui. Semoga Omah Selat Klodran bisa bangkit dan jualan lagi. Melestarikan kuliner khas Solo ya

    BalasHapus
  7. waduh telat tahu aku mengenai rumah makan ini, padahal Agustus lalu jalan2 ke Solo bareng ibu. Tadi sempat lihat IG mereka, blm ada update lagi dari cabang yang terbakar tersebut. Semoga saja mereka bisa segera bangkit lagi dan membangun kembali ya, amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhhh ternyata habis jalan2 ke solo ya mbaa....kemana aja waktu ke solo saat itu?? ditunggu ceritanya di blog lohhh :)

      Hapus
  8. Sedih bangeeet... aku pengen ke sana insya Allah dalam waktu dekat, tapi ternyata baru ada musibah yang mengakibatkan harus tutup sementara ya... Semoga bisa bangkit kembali dan menyajikan makanan yang enak-enak buat kami pecinta selat solo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa segera bangkit mbaa yg di klodran..tapi yang cabang satunya masih tetap buka lo kalo mo icip2 selat solo dr omah selat ;)

      Hapus
  9. Sayang banget ya. Tempat kuliner yang enak kayak Omah Selat Solo harus kena musibah dan bikin mereka harus berhenti beroperasi untuk sementara waktu.

    Semoga mereka bisa segera berbenah agar bisa memuaskan perut para penikmat kuliner selat solo yang otentik dan enak banget.

    BalasHapus
  10. melihat tempatnya bagus ya vintage dan jawa banget keliatannya, terus baru tahu ternyata dulunya merupakan tempat pertemuan antara pihak Belanda dan pihak keraton, jadi memang ada sejarahnya dna kental dengan zaman dahulu, melihatnya menggoda sekali kayaknya enak banget makanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempatnya gak ada sejarah apa2 sie kak, tapi memang vintage dengan ornamen jawa..ini kulinernya yg ada sejarahnya, hidangan saat sering diadakan pertemuan antara pihak keraton dan belanda :)

      Hapus
  11. Sedih liatnya mbak, ya Allah berat nian ujiannya.. sampe gosong segosong-gosongnya ya itu tempatnya. Mungkin karena bangunannya banyak ornamen kayu juga, jadi ga banyak yang bisa diselamatkan. Moga aja kelak ownernya bisa bangkit kembali...

    Btw seru juga ya bahas sejarah kuliner gini. Dua perbedaan, bisa disatukan oleh semangkuk makanan, hehehe.
    Coba kalo dulu Indonesia lama dijajahnya sama inggris. Mungkin sekarang kita makan nasi pake Scotch egg, hahaha

    BalasHapus
  12. Sudah jelas kalau mau makan selat solo kudu kesini dan ngga mungkin salah dong ya. Bagi pecinta kuliner tradisional, Omah Selat adalah tempat yang wajib dikunjungi. Selat Solonya yang legendaris menjadi daya tarik utama. Selain itu, tempatnya bersih dan nyaman, cocok untuk mengajak keluarga atau teman.

    BalasHapus
  13. Selat solo adalah kuliner khas kota solo
    Wajib dicoba saat sedang travelling kesini ya mba
    Aku cuma pernah makan, belum tahu sejarahnya. Baca artikel ini jadi tahu deh

    BalasHapus
  14. Inna lillahi wa inna lillahi raji'un.
    Semoga Allah segera berikan kemudahan dibalik musibah kebakaran Tempat Makan Omah Selat Solo.
    Dari menunya, mashaAllah yaa..sejarah makanan juga ada peninggalan Europe yaah.. Indonesia jadi semakin kaya dengan rasa.

    Tapi kalau melihat bumbunya, apa selat solo ini juga ada rempah-rempahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mbaa ada rempah2 nyaa tercium kok dari kuahnyaa...kayak kayu manis kapulaga gt ya kalo aku gak salah pokoknya ada aroma khas nya :)

      Hapus
  15. wah semoga saja omah solo bisa segera buka lagi yaa. jadi ingat di banjarmasin kemarin juga ada rumah makan yang kebakaran dan alhamdulillah sudah buka lagi. hmm kalau selat solo kayaknya aku pernah nyicip juga cuma karena aku nggak doyan sayur jadinya rasanya dagingnya aja yang kumakan. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal sayurnya cuma wortel kentang sama buncis rebus aja looo mbaaa gak dianeh2 hehehe

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts