Malam Minggu di Toko Kopi Melayu Banjarbaru

Toko Kopi Melayu

Weekend kemarin kami memutuskan untuk menghabiskan malam minggu ke arah Banjarbaru sambil mencari suasana berbeda. Kami jalan selepas maghrib tanpa tujuan pasti di Banjarbaru. Dari Banjarmasin ke Banjarbaru perjalanan kurang lebih satu jam menuju pusat kotanya. Di perjalanan, kami kemudian mampir ke warung jawa karena kebetulan malam itu saya sedang ingin makan rawon. Selepas makan malam kami melanjutkan perjalanan menuju kota Banjarbaru.

Di perjalanan pak suami mengajak untuk mencoba salah satu warung kopi di Banjarbaru yaitu Toko Kopi Melayu. Toko Kopi Melayu menawarkan konsep warung kopitiam dan terlihat dari bangunannya hanya berupa rumah kecil sederhana. Toko Kopi Melayu buka setiap hari dari pagi hingga malam yaitu sekitar pukul 07.00 WITA sampai 24.00 WITA. 

Saat kami tiba disana, terlihat deretan motor dan mobil terparkir rapi sepanjang jalan di depan Toko Kopi Melayu. Ternyata meskipun tampak kecil dan sederhana namun Toko Kopi Melayu sudah mempunyai komunitasnya sendiri. Di Toko Kopi Melayu juga sering mengadakan event lari pagi sehingga tidak heran kalau tempat ini terlihat selalu ramai pelanggan.

Saya kemudian langsung menuju ke meja pemesanan untuk melakukan pemesanan dan pembayaran sekaligus. Saya memesan es milo melayu dan pisang goreng srikaya sedangkan pak suami memesan es teh tarik dan telur 1/2 matang. 

Sebenarnya Toko Kopi Melayu mempunyai menu andalan nasi ayam kungpao dan mie kwah namun karena kami sudah makan jadi kami hanya order camilan saja. Selain itu juga tersedia bubur bakar spesial sebagai menu sarapan spesial dan kopi butter sebagai minuman andalan.

Saat melihat suasana Toko Kopi Melayu, saya kira hanya mempunyai tempat yang kecil sebagaimana terlihat dari depan. Namun ternyata di bagian belakang terdapat ruangan yang lebih luas. Area depan trotoar dan samping juga disediakan beberapa kursi bagi para pengunjung yang ingin suasana open space.

Kami memutuskan untuk duduk di area tengah yang berada di samping meja pemesanan/kasir. Tempat duduk di area ini mempunyai kesan vintage khas melayu yang terbuat dari papan berhadap-hadapan. Tidak banyak ornamen yang dipajang disana, hanya beberapa ornamen yang mencerminkan ciri khas Melayu peranakan.

Toko Kopi Melayu

Setelah duduk beberapa saat, maka satu persatu pesanan kami datang. Yang pertama adalah es teh tarik pesanan pak suami. Saat saya pertama melihatnya merasa sedikit aneh karena teh tariknya terlihat berbeda dari yang biasanya saya pernah pesan di tempat lain. Jika biasanya teh tarik berwarna coklat gelap dengan sedikit buih diatasnya, namun teh tarik disini warnanya terlihat lebih pucat sedikit putih seperti susu.

Saat saya mencobanya memang ternyata rasanya juga berbeda dengan teh tarik biasanya. Sepertinya mereka menggunakan teh melati karena terasa aroma melati saat meminumnya cmiiw. Mungkin memang jenis es teh tarik di Toko Kopi Melayu ini berbeda dengan es teh tarik biasanya yang pernah saya coba.

Yang kedua adalah es milo melayu pesanan saya. Es  milo melayu disajian dalam cangkir blirik dengan taburan milo yang sangat melimpah diatasnya. Kita bisa meminumnya langsung atau mencampurkan terlebih dahulu milo diatasnya agar semakin nikmat. Manisnya juga pas menurut saya, dan saya cukup menyukainya. Mungkin mereka juga menggunakan milo produksi Malaysia yang memang rasanya berbeda dengan milo produksi Indonesia.

Toko Kopi Melayu
Toko Kopi Melayu

Kemudian pesanan selanjutnya yang datang adalah telur setengah matang pesanan suami. Disajikan dalam gelas yang juga dilengkapi garam dan merica dalam botol kecil. Saat saya melihat suami mengaduk telur, menurut saya sedikit overcooked dari ukuran setengah matang biasanya. Namun demikian, menurut suami tidak masalah karena masih enak untuk diminum. 

Dan yang terakhir adalah pisang goreng tepung yang dilengkapi dengan selai srikaya. Sebagai salah satu penggemar pisang goreng, saya sangat menyukai pisang goreng srikaya ini. Tekstur tepung yang garing dan pisang yang manis terasa sempurna dengan cocolan selai srikaya. Kami berdua menikmati pisang goreng sambil mengamati suasana malam minggu yang cukup ramai di Toko Kopi Melayu. 

Saat waktu beranjak semakin malam kami kemudian memutuskan untuk pulang kembali ke Banjarmasin.

Dengan menawarkan hidangan Melayu peranakan maka Toko Kopi Melayu mempunyai ciri khas tersendiri. Sepertinya di area  Banjarmasin Banjarbaru belum banyak warung kopi yang menawarkan konsep kopitiam. Kebanyakan coffeeshop yang berdiri sekarang menawarkan konsep coffeeshop ala barat. 

Dan apakah saya ingin kembali ke Toko Kopi Melayu?? Tentu saja karena saya belum mencoba menu andalan mereka. Lain kali saya ingin kesana saat perut sedang kosong sehingga saya bisa mencicipi menu utama di Toko Kopi Melayu seperti bubur, nasi ayam ataupun mie kwah.

Demikian cerita kami mencoba Toko Kopi Melayu Banjarbaru. Terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita selanjutnya 💓💓

20 komentar

  1. Wiih penasaran ama es Milo. Kalau Milo Malaysia lebih creamy apa gimana, Kak? Pisang goreng srikaya juga menarik nih.

    Kirain telornya dimakan ternyata diminum, ehh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Milo malaysia itu coklatnya lebih berasa gt mbaa..lebih mantap menurutku hehe
      Telur setengah matengnya diminum sie soalnya kan masih cair yaa hehe..direbus bukan digoreng yaa :)

      Hapus
  2. Terima Kasih kak sudah mampir ☺️🙌 , ditunggu kehadirannya kembali di Toko Kopi Melayu ❤️

    BalasHapus
  3. Wah, kayaknya ini ada kaitannya sama tulisan pergulaanku kemarin ya mbak.
    Nganu, kalo gasalah, kandungan gula di milo edisi malaysia itu lebih sedikit dari Indonesia ya? Makanya dari rasanya juga berbeda.

    Tapi unik banget si ini, disajiinnya di cangkir loreng gitu, jadi kangen suasana di sawah.. hahaha
    Keren pula, karena udah punya komunitasnya sendiri. Tentunya menjamin orderan yang stabil, mangstap pisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas milo malaysia lebih berasa coklatnya jadi gak yg manis gula gt ya menurutku :)
      Iyaaa pas liat agak aneh sie kok di cangkir lurik kayak di desa2 tapi ya gpp juga sie jadi kayak tempoe dulu hehe..
      Rame banegt ini sepertinya komunitas lari pagi disini

      Hapus
  4. Kopi melayu ini pangkalannya para olahragawan kalo pagi mbak, baik sepeda, lari, atau yg sekedar olahraga jalan car free day. Coba nanti mbak eryka kesini di sabtu/minggu pagi, hari weekday jg ada yg kesini hbs olahraga, nanti pasti ketemu orang2 baju olahraga dengan sisa keringatnya hehehe. Barangkali ketemu aku, eaaa... Sabtu pagi sih biasanya aku. Trus cobain kopi butter sama bubur bakarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak aku baca di IG nya sering ngadarin run festival gt yaaa....
      Pe er besar nie kalo aku pagi2 dah mpe banjarbaru haha secara ini manusia siang baru beraktivitas apalagi kalo weekend butuh effort banget...
      aku jg pengen ngrasain bubur bakarnya mba..tapi kok ya pagi aja too adanyaa :(

      Hapus
  5. Makan bubur, telur setengah matang dan es Milo 🤩 itu ketiga menu yang kepingin aku cobain deh kalau ke Toko Kopi Melayu Banjarbaru.

    Nah, khas nya gitu ya. Bangunan terlihat minimalis pas masuk lumayan luas dan nyaman juga 😍. Aslik seneng kalau nemu trmpat makan yang ciamik kayak gini, auto prngen balik lagi ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo telur setengah mateng ga doyan aku mba...yg sering pesen pak suami tuuu..aku cuma pengamat haha...
      aku juga masih pengen cobain bubur bakar yg belum kesampaian loo...

      Hapus
  6. ngopi di Toko Kopi Melayu Banjarbaru seru beudh ya. Suasananya terlihat nyaman banget, apalagi pas malam. Lampu-lampunya temaram gitu, jadi berasa lagi ngobrol sama teman lama. Kopinya terrlihat menggoda dengan sajian pendamping yang bikin aku kepengen nyobain. Pokoknya raku masukkan kedalam list deh

    BalasHapus
  7. Sebagai penggemar kopi, aku langsung pengen ngopi disini haha
    Suasananya vintage ya
    Bikin betah nongkrong lama disini sambil menikmati kopi melayu yang lezat

    BalasHapus
  8. pisang goreng andalan akuu, mantap nih dinikmati entah itu pagi, siang, sore atau malam, terus paduannya teh tarik, nikmatt
    jadi kangen ke Banjarbaru mbak, dulu masih ga banyak tempat nongkrong disana, malah waktu ke Banjarbaru pertama kali, kesanku kayak gersang aja kotanya, kayak ga ada apa-apa, aku cuman ke tempat penambangan emas sama ke pusat marketnya gitu. Tapi seru sih, pengen kesana lagi, pengen tau perkembangan kotanya dan nongkrong di kopitiam ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaa pisang goreng memang never failed yaa..aku juga sukaa aneka macam pisgor itu hehe...
      sekarang bjb sie sudah rame mbaa secara sekarang juga dh jadi ibukota kan pindah dari banjarmasin ke bjb..dh bener2 rame sekarang mbaaa

      Hapus
  9. Aku pernah coba teh tarik di JKT, yg aroma nya teh melati. Jujur rasanya ga enak. Secara kalo ke kopi tiam, aku pasti mengharapkan hidangan teh tarik seperti di negara asalnya, yg mana tehnya sepet dan pekat. Bukan malah wangi dan pucat. Eneg yg ada. 😔

    Untungnya menu lain oke ya mba 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mba aku juga baru sekali itu looo nemu teh tarik melati dan memang gak masuk kalo di aku sie...bener banget harapannya yang sepet pekat berbuih itu lahh pokoknya hehe

      Hapus
  10. Huaa kedainya menyenangkan banget sih, bikin apa ya bernostalgia gitu kayak model kedai zaman dulu kayak yang kudatangi pas di Belitung, menunya juga unik dan enak..mupeng aku..

    BalasHapus
  11. Masih ada selai Srikayaa.. uwaaa, hidden gems banget yaa.. menu makanan di Toko Kopi Melayu Banjarbaru. Menunya ada telor setengah matang tuh jadi inget kalo abis minum jamu. Biasanya dapet tambahan permen asem, heehhe..

    BalasHapus
  12. saya bukan team pecinta kopi tapi senang mampir ke cafe atau toko kopi, suka dengan aromanya apalagi mampirnya ke toko atau kedai atau cafe yang memang unik, vintage dan konsep tertentu, biasanya para pecinta kopi selalu punya cara tersendiri dalam membuat tempat kopi, jadi suka ikut-ikutan, baca Milo Malaysia jadi ingat dulu tinggal di Kalimantan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem kak...aku juga bukan penggemar kopi kok..tapi suka ke coffeshop secara sekarang menjamur banget yaa...klo kesana pasti cobain nya bukan yg original kopi..
      Wahh sempet tinggal di Kalimantan jugaa toh..dmn kak? :)

      Hapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts