Nyore di Kopi Riam Sambil Menikmati Aliran Riam Bajandik

Riam Bajandik

Hari minggu ini kami melakukan perjalanan yang sedikit jauh. Setelah semalam kami mengunjungi Toko Kopi Melayu, hari minggu siang kami melakukan perjalanan menuju ke kota Barabai. Barabai adalah ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan. Perjalanan dari kota Banjarmasin ke kota Barabai sekitar empat jam perjalanan.

Kami berangkat menjelang siang dengan perjalanan yang santai karena memang tidak diburu waktu. Saat itu kami melewati jalur alternatif melalui kota Marabahan. Melalui jalur alternatif ini jalanan memang tidak semulus jalan utama namun sepanjang perjalanan lebih banyak bertemu deretan sawah dan pepohonan yang masih rimbun. 

Riam Bajandik

Mendekati kota Barabai kami memutuskan untuk mampir ke salah satu tempat wisata yang cukup ramai di daerah HST. Tempat wisata tersebut adalah Riam Bajandik yang berlokasi di Kecamatan Betu Benawa, sekotar 9 km dari Barabai. Wisata Riam Bajandik memanfaatkan aliran sungai Benawa yang berasal dari Pegunungan Maratus sebagai obyek wisata utama.

Pegunungan Maratus adalah sebuah geopark terluas di Kalimantan yang menjadi sumber oksigen dan sumber air utama dengan berbagai macam keanekaragam hayati dan budaya di dalamnya. Riam sendiri artinya adalah bagian sungai yang memiliki aliran yang deras namun landai. Riam ditandai dengan semakin dangkalnya dasar sungai dimana terlihat bebatuan yang timbul di aliran sungai.

Riam Bajandik

Kami sampai di kawasan wisata Riam Banjandik sekitar pukul 5 sore. Meskipun sudah sore, tapi terlihat masih banyak pengunjung di kawasan tersebut. Kawasan Riam Bajandik berupa aliran sungai dimana para pengunjuung bisa bermain air dan berenang di antaranya karena dasar sungai yang dangkal. Di pinggir aliran Riam Bajandik juga disediakan beberapa gazebo sebagai tempat bersantai.

Saat itu kami memang tidak berencana untuk berenang, kami hanya ingin bersantai sambil melihat pemandangan Riam Banjandik. Dan diseberang Riam Bajandik terdapat sebuah coffeshop yang mempunyai tenpat cukup menarik yaitu Kopi Riam. Kopi Riam berada di dataran yang agak tinggi sehingga terlihat jelas aliran Riam Bajandik dibawahnya. 

Selain Kopi Riam juga terdapat restoran fried chicken yang letaknya berjejaran. Kedua tempat makan ini mempunyai posisi strategis untuk menikmati pemandangan sungai sembari menanti waktu matahari terbenam. 

Kopi Riam mempunyai area gazebo dan area terbuka di depan dan samping. Untuk area samping terlihat banyak pepohonan yang dilengkapi dengan meja kursi untuk para pengunjung. Sepertinya lokasi ini memang cocoknya dinikmati sore dan malam hari karena jika siang hari dijamin panasnya langsung ke kepala hehe. 

Riam Bajandik
Riam Bajandik

Karena saat itu kami habis makan sehingga kami hanya memesan minuman segar saja. Kami disana sembari beristirahat sejenak sambil menghabiskan minuman pesanan kami dan menanti matahari terbenam. Untuk menu minuman tersedia kopi, soda ataupun milkshake juga tersedia berbagai cemilan dan rice bowl. Hargamenunya  juga standart berkisar antara 10rb-30rb. 

Puas beristirahat sembari melihat matahari terbenam kami kemudian memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Barabai. Meskipun masih sederhana namun kawasan Riam Bajandik bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif wisata bagi warga sekitar ataupun kita yang sedang melintas di daerah Barabai.

Sekian cerita kami hari ini, terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita selanjutnya 💓💓


20 komentar

  1. Senang kalau melihat tempat wisata di bumi pertiwi terus bertumbuh, memanfaatkan geografi dan keanekaragaman hayati, bisa jadi pendapatan untuk warga sekitar. Asalkan dikelola dengan baik dan berkesinambungan tentunya, hehehe.

    Jangan kayak di kampung halamanku, HTM nya kadang kebangetan. Akhirnya malah sepi, terus ga ada lagi yang dateng. Tutup deh...

    BalasHapus
  2. Tempatnya keren. Baru tau di Kalimantan ada destinasi wisata seperti ini. Salam dari Lombok

    BalasHapus
  3. Menarik dan sangat cocok buat dikunjungi sama keluarga, alias dijadikan destinasi wisata keluarga ya Riam Bajandik. Terdapat banyak keanekaragaman hayati serta budaya, mantap ini bisa buat wisata edukasi sambil refreshing.

    Semoga saja di kelola dengan profesional dan terjaga keindahan alamnya. Ngopi with view emang bikin seger full ya mba.

    Penasaran juga aku sama kopi riam nya. Makanan disini ramah dikantong ya. Terasa bukan kayak di area wisata yang biasanya harga suka melambung.

    BalasHapus
  4. Minum kopi sambil menikmati pemandangan yang bagus banget kayak Riam Bajandik begitu. Menurutku, ini nikmati banget sih buat healing. Apalagi kalau kopinya enak.

    BalasHapus
  5. seru banget mbak, meskipun nggak berenang tapi kita bisa refreshing disana, minimal main air dengan nyeburin kaki
    jadi keinget sama kotaku di Jember sini mbak, ada yang mirip kayak riam bajandik ini, aliran sungai tapi ada satu sisi dimana airnya ga dalam dan dibuat pemisah, kebanyakan yang main air anak-anak lengkap dengan bannya gitu.

    BalasHapus
  6. Kafe nya ini kayanya lagi hits nya soalnya aku liat bbrp selebgram juga mereview kafe ini beserta riam bajandiknya, aku bbrp kali kesana tapi gak mampir, wkwkwk, nantilah cob kesana lagi

    BalasHapus
  7. Alam Borneo emang cantik sekali yaa. Di sana bisa ngopi with a view. Harga juga masih terjangkau lah.

    Pengen cipak-cipuk juga di sungainya hehehehehe.

    BalasHapus
  8. Sepertinya Kopi Riam dengan area gazebo itu sangat nyaman untuk bersantai, aku langsung terbayang duduk disana , sendiripun rasanya asyik.

    BalasHapus
  9. Kliatannya cukup bersih sungainya ya mba 😍. Sukaaaa ngeliatnya. Anak2' pastj seneng juga main air di tempat begini . Lebih suka lagi Krn ada tempat makan dan ngopi. Ga pengen main air sungai, at least bisa ngopi sambil liat2 view 😄👍

    Ntah kapanlah aku bisa kesana 😅

    BalasHapus
  10. Kupikir tadi ada riam dengan arus deras yang bergejolak gitu yaah hehehe. Tapi Nggak nyangka di tengah kota bisa nemu tempat sejuk dan tenang kayak Kopi Riam. Cocok banget buat yang mau ngadem sambil ngopi. Pemandangan riam Bajandik-nya bikin betah berlama-lama. ahhhh menenangkan sekaligus menyenangkan

    BalasHapus
  11. Wah, cakep banget viewnya
    Emang nyore makin asik kalau dinikmati dengan secangkir kopi ya kak
    Pemandangan Riam Bejandik ini cantik sekali

    BalasHapus
  12. Kalimantan ini masih banyak hidden gemsnya ya, saya pernah juga ke Kalimantan Selatan sayangnya belum eksplor banyak tempatnya termasuk tempat ini, asik banget lihat pemandangannya dan kayaknya memang enak sore-sore nongki cantik di sini sambil menikmati kopi, itu orang-orang turun berarti airnya dangkal ya dan aman?

    BalasHapus
  13. Pemandangannya cakep ya tempat wisatanya jadi betah duduk berlama-lama sambil ngopi..semoga bisa main ke Banjarmasin nanti ya..

    BalasHapus
  14. Asik sekali bisa ngopi sambil menikmati pemandangan riam sehingga pengalamannya menjadi makin maksimal dan menyenangkan menjadi alternatif wisata yang bagus sehingga meningkatkan perekonomian

    BalasHapus
  15. Melihat air sungai yang dangkal itu trasa menyegarkan yaa..
    Kalau suasana sedang panas-panasnya kayak gini, pastinya bikin pen nyebuurr.. main air tipis-tipis. Udahannya minum dan ngemil di kawasan wisata Riam Banjandik.

    BalasHapus
  16. wah aku barabai selama ini tahunya cuma wisata pagat ternyata ada wisata riam bajandik ini ya. lama banget juga diriku nggak ke hulu sungai kayaknya terakhir pas outbond kantor

    BalasHapus
  17. Riam Bajandik di Barabai ini sudah pernah mendengar keseruannya cuman blm nyampai2 eh kesini,semoga suatu hari ntar.makasih rekomendasinya ya...serunya ih

    BalasHapus
  18. Yang lagi viral di barabai nih, sering banget lihat selebgram mampir kesini. Kapan-kapan mau kesini ahh. Wah mbak eryka jauh juga mainnya dari Banjarmasin ke Barabai hihihi

    BalasHapus
  19. Jalan2 ke sini pasti mengasyikan , bebas di alam itu selalu menyenangkan daripada terkukung tembok

    BalasHapus
  20. Suka bangeett sama nama-nama destinasi wisata di Kalimantan ini, kerasa banget vibes lokalnya. Asik dan asri banget ya tempatnya, ngopi jadi tambah syahdu di Kopi Riam.

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts