Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Rekam Medis Elektronik

artificial intelligence
sumber : pexels

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah sebuah sistem komputer yang dirancang untuk menyerupai kecerdasan manusia. Dengan teknologi ini, akan memungkinkan AI untuk berpikir dan bertindak seperti manusia. Pemanfaatan AI sangat berguna untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang lebih cepat dan juga membantu dalam mengambil keputusan untuk tujuan tertentu. Penggunaan AI saat ini sudah banyak diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan. 

Salah satu bidang yang memanfaatkan kecerdasan AI saat ini adalah dalam dunia medis atau kesehatan. Di dunia kesehatan, AI sangat membantu untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan yang lebih cepat dan terintegrasi. Pemanfaatan AI dalam bidang kesehatan telah banyak memberi manfaat bagi tenaga medis, pasien ataupun para peneliti. 

Teknologi AI digunakan para peneliti untuk menemukan formula obat atas suatu kondisi kesehatan tertentu. AI juga membantu para dokter di ruang operasi dengan menggunakan tenaga robot. Selain hal tersebut, teknologi AI juga digunakan dalam meningkatan ketepatan dalam diagnosa penyakit, mengelola catatan rekam medis elektronik serta untuk meningkatkan pelayanan pada pasien agar mendapatkan perawatan yang tepat dan cepat. 

Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam RME

Saat ini pemanfaatan teknologi AI dalam dunia kesehatan telah semakin berkembang dan meluas. Dan eHealth.co.id adalah salah satu software kesehatan yang menggunakan teknologi AI ini. Software eHealth.co.id telah digunakan oleh hampir 300 fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia. eHealth.co.id menggunakan teknologi AI untuk membuat Sistem Rekam Medis Elektronik (RME) yang mudah dan lengkap. Sistem eHealth.co.id juga telah terintegrasi dengan Satu Sehat dan BPJS sehingga memudahkan dalam data pasien.

Inovasi AI dalam sistem RME eHealth.co.id telah membantu memberikan solusi terbaik bagi tenaga medis dalam proses diagnosis penyakit. Sistem AI yang terintegrasi tersebut dirancang untuk membantu tenaga medis dalam menentukan diagnosis yang cepat dan akurat berdasarkan kode ICD-10.

Kode ICD-10 adalah singkatan dari International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems. ICD direvisi secara berkala dan revisi yang berlaku saat ini adalah revisi ke-10, sehingga disebut ICD-10. ICD merupakan suatu sistem klasifikasi penyakit yang dikelola oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan digunakan secara global. 

ICD dirancang sebagai sistem klasifikasi kesehatan yang memiliki kode diagnostik untuk mengelompokkan berbagai penyakit. Penentuan kode ICD didasarkan dari tanda, gejala, temuan abnormal, keluhan, kondisi sosial, dan penyebab eksternal seperti cidera. Setiap kondisi kesehatan tersebuat akan dipetakan dan diberikan kategori/kode.

Peran Artificial Intelligence dalam Diagnosa Penyakit

Kode ICD-10 saat ini mencapai 55.000 kode dan hal tersebut cukup menyita waktu para tenaga medis jika harus mencari untuk menentukan kode yang tepat. Dengan adanya integrasi teknologi AI dalam RME dari eHealth.co.id, maka pengisian kode ICD-10 bisa lebih cepat dan akurat berdasarkan diagnosa pasien yang tercantum di RME. Pengisian kode ICD-10 yang tepat akan memberikan informasi penting dalam proses perawatan pasien. Dengan demikian, para tenaga medis akan lebih cepat dalam melakukan perawatan tindak lanjut terhadap pasien. 

Teknologi AI pada RME eHealth.co.id, mampu mengolah dan menganalisa data medis dari berbagai sumber. AI menganalisa hasil dari tes laboratorium yang mencakup tes darah, tes urin serta gambar CT Scan hingga MRI. AI juga menganalisa data dari catatan RME mengenai gejala yang pasien rasakan yang dilaporkan secara langsung. 

artificial intelligence
sumber : freepik

Berdasarkan data tersebut maka AI melakukan analisa data secara masif dan mendalam untuk membantu dalam menentukan jenis penyakit dan pengobatan terbaiknya. AI akan menggunakan dua jenis teknik analisa data yaitu teknik machine learning dan deep learning. Teknik mechine learning memungkiankan AI untuk menganalisa data dan algoritma yang dihasilkan dari MRI, CT Scan ataupun hasil laboratorium. Sedangan teknik deep learning memungkinkan AI untuk mengenali hubungan yang lebih mendalam dari berbagai faktor yang mempengaruhi kesehatan pasien. 

Dari hasil diagnosis AI berdasarkan data RME tersebut maka setiap pengobatan akan berbeda-beda karena setiap individu juga mempunyai hasil rekam medis yang berbeda. Sehingga pengobatan bisa dilakukan lebih personal dan disesuaikan dengan kebutuhan individu pasien. Dengan menganalisis data genetik, riwayat medis, dan gaya hidup pasien, AI membantu dokter merancang rencana pengobatan yang optimal.

Keunggulan AI dalam RME eHealth.co.id

Penggunaan AI pada sofware eHealth.co.id yang terintegrasi dalam RME mempunyai banyak keunggulan, diantaranya adalah :

1. Diagnosis Cepat & Akurat 

AI memiliki kemampuan untuk memproses informasi secara simultan dari berbagai sumber data yang tercantum dalam RME. Berdasarkan RME tersebut akan diidentifikai sebuah pola yang relevan untuk mendapatkan kode ICD-10 yang tepat. Hal itu tentu sangat membantu tenaga medis dalam menetapkan diagnosis dengan cepat dan efisien sehingga dapat melakukan perawatan yang lebih tepat waktu bagi pasien.

2. Pembelajaran Berkelanjutan

AI di RME eHealth.co.id selalu diperbarui dengan data dan pengetahuan medis terbaru. Sistem ini secara kontinyu mengintegrasikan informasi medis terkini. Termasuk didalamnya adalah jika ada perubahan klasifikasi ICD-10, penemuan medis baru, dan protokol diagnosa yang lebih baik. Dengan demikian, AI dapat memberikan keputusan medis yang paling mutakhir dan memberikan dukungan yang konsisten bagi tenaga medis dalam proses pengambilan keputusan.

3. Meningkatkan Efisiensi Kerja & Kualitas Pelayanan

Proses diagnosis yang otomatis dilakukan oleh AI akan menghemat waktu dan tenaga para staf medis. Dengan membebaskan para dokter dan staf kesehatan dari tugas administrasi rekam medis, maka akan memungkinkan para tenaga medis untuk lebih fokus dalam melakukan perawatan pada pasien. Dengan demikian pemanfaatan AI tidak hanya meningkatkan efektitas dan produktifitas, namun juga meningkatkan pengalaman pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik.

4. Teknologi yang Terus Berkembang

Saai ini pemanfaatan teknologi AI dalam RME eHealth.co.id terus mengalamai perkembangan. Tidak hanya digunakan untuk diagnosis penyakit, namun juga untuk pelayanan lainnya. Untuk kedepannya pemanfaatan AI akan digunakan dalam penentuan resep obat. apotek dan managemen fasilitas kesehatan. Jika semua sistem telah terintegrasi menjadi satu, maka akan meningkatkan keefektifan dalam pelayanan kesehatan terhadap pasien.

Kesimpulan

Dengan semakin berkembangnya pemanfaatan teknologi AI dalam RME eHealth.co.id maka akan semakin meningkatkan kepuasaan pelayanan kesehatan yang diterima oleh pasien. Perawatan dan  pengobatan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisen. Dan setiap individu akan mendapatkaan pelayanan medis terbaik berdasarkan kemajuan teknologi yang semakin berkembang saat ini. Teknologi AI yang terus berkembang akan memberikan kepastian kesehatan yang semakin membaik. 




Sumber :
  1. https://mediaindonesia.com/opini/635100/teknologi-kecerdasan-buatan-di-bidang-kesehatan
  2. https://www.kompas.com/sains/read/2022/04/13/120200923/manfaat-ai-di-dunia-kesehatan-bantu-dokter-mendiagnosis-penyakit
  3. https://ehealth.co.id/blog
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Klasifikasi_Penyakit_Internasional

26 komentar

  1. Dulu waktu kuliah dan bikin skripsi, aku ambil tema pemanfaatan Ai ini di bidang medis juga. Walau dulu masih simpel banget, bikin situs untuk mendiagnosis kesehatan mental secara sederhana. Nah, kalau sekarang AI dimanfaatkan sepenuhnya di bidang medis udah sepatutnya. Sebab banyaaak banget keuntungannya walaupun di sisi lain tenaga kerja manusia mulai tergantikan dan kebutuhan tenaga manusianya akan semakin berkurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh keren tapi ini mas dah bisa sampe bikin situs untuk kesehatan mental loooo :)
      bener banget mas dengan pemanfaatan AI semua diagnosa dan peralatan bisa lebih canggih yak

      Hapus
  2. Udah nggak heran sih ya kalau istilah dalam medis tuh ada banyak sekali. Sehingga, kalau AI ditempatkan untuk rekam medis elektronik akan lebih memudahkan. Mau cari istilah apa untuk keluhan apa misalnya. Lebih cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak pemanfaatan AI sudah semakin banyak digunakan di bidang medis

      Hapus
  3. Aku langsung mikirnya juga ke tenaga medis yg manusia. Berarti akan semakin berkurang juga kan. Memang ya mba, teknologi bagus, dan wajib selalu upgrade. Tapi manusia pun hrs improve skill nya kalo ga mau tergantikan dengan AI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa mungkin untuk hal-hal tertentu mba tapi bagaimanapun tenaga manusia juga tdk akan tergantikan sepenuhnya kan :)

      Hapus
  4. Hebat banget ya AI bisa mempermudah rekam medis elektrik. Beneran nanti di 50-100 tahun ke depan makin banyak bidang yg dibantu oleh AI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak...manusia juga wajib upgred skill biar gak kalah sama para AI ini :)

      Hapus
  5. AI membantu bangettt bisa mempermudah daily life kita

    yang jelas manusia kudu bisa keep up dengan keberadaan AI ini yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuppp harus tetap up2date biar gak kalah sama kemampuan AI yang semakin merajalela hehehe

      Hapus
  6. Sejujurnya agak deg2an seh ini ya, AI ini udah semakin berkibar dan nanti manusianya sendiri bisa ga tuh bersaing hehehe.

    anw, tentu saja manusia akan berterima kasih dengan AI ini karena akan lebih terbantu seperti mempermudah rekam medis elektrik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus bisa sie mba..manusia harus tetap menjadi terdepan AI sendiri kan juga manusia yang ciptakan..jadi harus selalu up skill

      Hapus
  7. semoga dengan adanya teknologi AI dalam rekam medis bisa membantu dunia kedokteran dalam menolong pasien2 ya. Saya tetap percaya dokter akan terbantu banget dengan teknologi ini dan bisa memberikan kesempatan mereka berkembang juga dengan bantuan AI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak tenaga dokter tetap tidak akan tergantikan sie menurut saya...AI hanya bersifat membantu mempermudah dan mempercepat

      Hapus
  8. Dengan AI, seharusnya biaya kesehatan bisa lebih murah ya di masa mendatang. Karena cost untuk tenaga kerja sejatinya bisa diturunkan secara signifikan. Terus dari proses identifikasi juga jadl lebih cepat dan efektif.

    Semangat mbak, moga menang lombanya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya ya masss...biaya nya jadi semakin terjangkau...
      aamiin makasih maasss...semoga rejeki :)

      Hapus
  9. Keren nih pemanfaatan teknologi AI di bidang kesrhatan. Tentunya harus diimbangi juga sama SDM yang mumpuni ya supaya kian berimbang dan AI bukan menjadi pesaing manusia, melainkan AI memudahkan tenaga medis untuk mrmberikan diagnosa yang jauh lebih akurat.

    AI pada sofware e-Health sangat menarik semoga saja memberikan banyak manfaat positif bagi trnaga medis dan juga pasien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mba...skill kita harus tetap selalu up2date agar bisa memanfaatkan AI sebaik2nya untuk mempermudah tugas para tenaga medis

      Hapus
  10. Keren banget pemanfaatan teknologi AI dalam RME e-Health, jadi semuanya makin mudah ya

    BalasHapus
  11. Ini sih bakalan bermanfaat bgt ya, jadi pasien juga bisa lebih tau dengan cepat, detail, dan akurat hasil diagnosanya

    BalasHapus
  12. dulu aku nggak nyangka kalau kehidupan manusia sekarang ini akan banyak dibantu oleh teknologi, seperti AI ini. Bahkan hasil CT scan bisa dianalisa dengan AI. Gimana nggak canggih ini.
    Mungkin kalau untuk bidang desain, atau bikin proposal secara AI banyak kita temukan, tapi ini berhubungan sama medis, dan ini luar biasa

    BalasHapus
  13. Hal ini sempat jadi kontroversi ya pas ada wacana AI untuk medis, yang banyak ditentang padahal sebenarnya bisa membantu ahli medis untuk mendiagnosis penyakit ya jangan jadikan saingan tapi asisten kerja..

    BalasHapus
  14. Nah ini salah satu manfaat yang gak bisa kesampingkan dari AI ya. Dalam hal kesehatan. Kita jadi bisa tahu segala macam kondisi tubuh dengan AI ini. Kita jadi bisa tahu cara mengantisipasi penyakit kronis, cara mencegah, dan juga cara menyembuhkannya. Tanpa AI, hal ini pasti susah. Beruntung banget ya kita hidup di zaman seperti sekarang ini.

    BalasHapus
  15. Kehadiran teknologi sangat besar sekali manfaatnya jika digunakan dengan tepat ya, termasuk juga dengan AI, Salah satunya untuk kesehatan yang tentunya dibutuhkan banyak orang, meskipun kenyataannya penerapan AI ini masih banyak yang pro kontra

    BalasHapus
  16. Penting banget keakuratan di dunia medis ini.
    Dan kini, dengan menggunakan AI dalam RME e-Health di dunia medis, bisa memotong waktu penantian hasil tes. Ini keren bangeett siih.. Jadi segera diagnosa keluar, bisa ditegakkan oleh dokter ahli dan segera ditangani secara medis.

    BalasHapus
  17. teknologi semakin berkembang dan canggih ya, jangan sampai ketinggalan :D

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts