SEO Checklist agar Blog Lebih Mudah Diindeks Mesin Pencari

SEO Checklist

Hari Jumat 19 Juli 2024 kemarin saya berkesempatan mengikuti kelas online yang diadakan oleh BRT Network dengan tema tentang SEO. Sebagai newbie di dunia per-blogger-an maka tema SEO ini salah satu tema yang jadi PR besar untuk saya. SEO adalah singkatan dari "Search Engine Optimimization". Sederhananya SEO adalah sebuah teknik yang dilakukan agar website/blog kita berada di halaman pertama mesin pencarian seperti google. 

Berharap agar blog semakin berkembang akhirnya mencoba-coba belajar SEO dari hasil gugling sana sini. Dengan ilmu seadanya berusaha untuk diterapkan semampunya. Dan kebetulan sekali akhirnya berkesempatan mengikuti kelas online yang diadakan oleh BRT Network dengan tema "SEO Checklist for Blogger". Kelas online ini dimentori oleh Mas Miftahul Khoir yang tidak perlu diragukan lagi keahliannya dalam dunia SEO. 

Mas Miftahul Khoir telah sejak 2017 aktif untuk membagikan ilmu kepada para blogger tentang seluk beluk dunia SEO. Beliau saat ini menjabat sebagai Head of Digital Marketing dari Klik Dokter. Siapa sie yang tidak kenal dengan Klik Dokter??? karena saat kita searching informasi tentang kesehatan pasti Klik Dokter akan muncul di halaman pertama google. Ingin kenalan lebih lanjut dengan beliau bisa langsung cek di miftahulk.com .

SEO Checklist

Tema ini sebenarnya sangat menarik untuk saya karena saya minim pengetahuan tentang SEO. Niatnya ingin mengikuti kelas secara seksama dari awal hingga akhir. Tapi apa daya karena ada beberapa hal jadi saya tidak bisa mengikuti kelas secara sempurna dan sempat terputus-putus. Dan sebagai pengingat berikut beberapa hal yang berhasil saya rangkum.

Kemampuan Dasar Blogger

Menurut beliau, seorang blogger yang merupakan konten writer harus mempunyai beberapa kemampuan dasar  yang harus dimiliki. Seorang blogger harus mempunyai ide yang kreatif dan menarik sehingga membuat penasaran para pembacanya untuk membaca tulisannya hingga selasai. 

Seorang blogger terlebih dahulu harus menentukan set target utama blog. Apakah blognya membahas tentang parenting, beauty, industri, traveling atau yang lainnya. Sesuaikan dengan minat dan hal yang blogger kuasai. Pahami juga para pembaca blog, apakah mereka lebih suka bahasa non formal, bahasa formal atau model penulisan lainnya.

Konten yang dibuat juga bisa berdasarkan pengalaman pribadi ataupun pendapat pribadi tentang suatu hal. Jika konten menggunakan penuturan para ahli yang berasal dari sebuah portal berita tertentu adalah lebih baik jika kita mencantumkan data sourcenya agar lebih terpercaya. Bangun rasa percaya dari para pembaca terhadap setiap tulisan yang kita hasilkan.

Selain tulisan yang menarik, tentu seorang blogger juga harus mempunyai ketrampilan teknis untuk mengetahui cara kerja search engine sehingga hasil tulisannya bisa muncul di halaman pertama search engine.

Buatlah skema data yang lengkap yang akan menjadi jembatan antara tulisan dan mesin pencari. Mesin pencari/google hanya bisa membaca kode html dari setiap tulisan yang kita hasilkan. Jadi pastikan bahwa website kita mengijinkan setiap bot untuk masuk dan membaca semua isi halaman website kita.

Skema data yang lengkap maka akan memudahkan mesin pencari dalam melakukan pengindeksan. Skema data tersebut diantaranya meliputi headline, sub headline, tanggal published, alamat url dll Lengkapi juga setiap artikel dengan gambar dan keterangan gambar yang lengkap sebagai faktor pendukung.

Content Mapping

Seperti disebutkan diatas, seorang content writer harusnya menentukan tema dari suatu konten/blog. Dalam menentukan tema suatu blog, penulis haruslah memperhatikan tentang Topic Cluster, Content Cluster dan Linking.

Topic Cluster adalah sebuah topik utama dari pembahasan yang akan diulas dalam sebuah blog. Dengan memilih sebuah topic maka konten yang kita tulis tidak merembet keluar dari jalur. 

Content Cluster adalah sejumlah konten yang masih berada dalam satu lingkup khusus berdasarkan Topic Cluster yang dipilih sebelumnya. Dengan pemilihan Content Cluster yang berkesinambungan tersebut akan memudahkan mesin pencari dalam mengidentifikasi. Dengan adanya Topic Cluster dan Conten Cluster maka blog juga akan terlihat sistematis dan lebih profesional.

SEO Checklist

Linking Strategy adalah cara membuat link antar artikel satu dan yang lainnya  dalam sebuah blog agar saling terkoneksi. Dengan adanya internal linking maka akan menunjukkan pada mesin pencari bahwa artikel yang ada pada sebuah website ini saling terkait satu sama lain. 

Content Mapping ini akan memudahkan google dalam membaca artikel pada blog kita, sehingga tidak perlu melakukan crawl yang dalam. Dengan kemudahaan yang kita berikan kepada google tentu kita berharap bahwa artikel kita akan muncul di halaman pertama mesin pencari. 

Membangun Audiens yang Loyal

Selain hal-hal tersebut diatas ada beberapa hal yang tak kalah pentingnya adalah agar pembaca loyal dan selalu menantikan tulisan terbaru kita. Jangan sampai pembaca hanya satu dua kali berkunjung ke blog kita kemudian melupakannya.

Ada beberapa hal yang bisa para blogger lakukan untuk menjaga pembacanya agar lebih loyal, diantaranya adalah :

  1. Konten yang berkualitas, buatlah konten yang konsisten, unik dan bermanfaat bagi audiens.
  2. Interaksi aktif seperti terlibat langsung dengan audiens, bisa dengan rajin memberikan respons/tanggapan atas setiap komentar yang pembaca sematkan di dalam kolom kometar. 
  3. Konsistensi publikasi, jagalah frekuensi publikasi konten secara teratur bisa dengan memposting tulisan setiap hari, dua hari sekali sesuai dengan kemampuan kita.
  4. Menawarkan nilai tambah kepada audiens seperti menawarkan sebuah konten eksklusif yang akan menarik perhatian audiens.

Itulah beberapa hal yang bisa saya ambil dari kelas BRT Network malam itu. Meskipun sempat terkendala karena beberapa hal sehingga tidak bisa mengikuti secara full, namun sedikit banyak pengetahuan SEO sudah mulai bertambah. Terimakasih untuk Mas Miftahul Khoir dan team BRT Network karena telah mengadakan kelas yang sangat bermanfaat ini. Semoga kedepannya akan ada lagi kelas-kelas super lainnya yang membantu blogger terutama saya pribadi agar semakin berkembang.

Terimakasih sudah membaca dan sampai bertemu di cerita selanjutnya 💓💓

36 komentar

  1. Huha ternyata banyak juga hal yang harus dilakukan. Wah jadi PR nih untuk saya. Terima kasih sharing ilmunya, bermanfaat banget nih Kak

    BalasHapus
  2. ini nasib blog yang isinya gado2, susah ya mas

    BalasHapus
  3. SEO itu benar-benar butuh diperhatikan untuk bisa tulisan kita terlihat, tapi aku sangat tertarik dengan tulisan bagian akhir tentang Membangun Audiens yang Loyal, ini sungguh PR banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. susyahh ya mbaaa ternyatabiar tulisan nongol di gugel hiksss,,,,

      Hapus
  4. Wahh materinya daging banget ya. Gak hanya nabung konten dan cari keyword tapi juga bikin content mapping dll. Perlu dipelajari lagi biar naikkan traffic blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih jadi pe er aku mba sampai sekarang haha,,seo nya amburadul hehe

      Hapus
  5. Aku pun ga menguasai SEO ini mba. Ditambah memang kalo terlalu dipikirin yg ada malah males nulis. Tapi berusaha utk bisa paham garis besarnya sih, walo ga bisa menerapkan setiap saat.

    Yg penting konten yg dibuat memang harus nyambung dan berkualitas isinya. Meski skr aku cuma bisa update seminggu sekali, yg penting aku rutinin. Kalo setiap hari memang susah 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mba..pokoknya aku nulis yg garis besarnya masih nyambung meskipun kadang mash ad yg out of topic yaa tapi ya wis lah drpd kehabisan bahan haha,,,yang penting ada updetan seminggu sekali juga aku mbaa :)

      Hapus
  6. istilah istilah di SEO kadang aku suka lupaan mbak, hari ini inget ehh besoknya lupa lagi.
    Seneng kalau ikutan kelas yang berhubungan sama blogging kayak gini, jadi jadi dapet insight baru, aku sendiri baru tau teknik ngeblog juga dari ikutan kelas seperti dari BRT ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mbaaa aku juga masih suka bingung itu dengan istilah2 SEO secara aku juga pendatang baru..dl awal2 nyari tau segala tentang seo yg ada malah pusing hehe

      Hapus
  7. Sebenarnya, kalau kita mau memikirkan lebih dalam. Apa yang menjadi pembahasan soal topik dan konten kluster tuh masuk akal sih.

    Bayangin deh. Kalau kita menemukan website yang membahas soal satu tema yang kita cari. Dan mereka membahasnya dalam beberapa artikel yang saling terkait satu sama lain. Bukankah, kita akan lebih suka membacanya?

    Kita jadi lebih percaya sama website tersebut. Termasuk google. Nggak heran kalau sampai itu terjadi, websitenya akan berada di halaman teratas pencarian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener banget ya mba ini...klo artikel saling berkaitan pasti jadi lebih terpercaya ya....pengen nerapin tapi kadang tergiur pengen bahas yg lainnya juga kalo gak mentok gak ada ide tentang tema yg diangkat hehe

      Hapus
  8. Nah iya mba, SEO buat blogger sangat penting juga nih. Jujurly sejak putusin nyambil jadi blogger, aku belum sepenuhnya konsen terapin teknik-teknik SEO. Padahal dulu pas handle digital marketing perusahaan, aku detail di part SEO.

    Salut sama kelas BRT Network yang sangat bermanfaat serta mantap banget buat para blogger.

    Btw gimana caranya join jadi bagian dari
    kelas BRT Network ? Kayaknya bakalan jadi ruang yang klop buat mengembangkan kemampuan menulis blog yang lebih berisi ilmu 🤩

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo tulisannya memang mau menghasilkan sepertinya memang harus nerapin seo ya mba..beda klo tulisannya sekedar berbagi kegiatan sehari2 kayak aku hehe..maunya nulis hasil pengalaman gt soalnya lebih ngalir hehe
      join aja via IG nya mba..ada kok link nya nanti disana buat join grup BRT

      Hapus
  9. Seneng sekali bisa mendapatkan ilmu dari orang yang berpengalaman. Tentu ini bisa langsung dicoba dan diterapkan dong ya. Beberapa cara sudah pernah dicoba dan Setelah menerapkan beberapa tips seperti di artikel ini, website saya menjadi lebih baik dari segi SEO nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh klo web nya mas aip sie gak perlu diragukan lagi sudah pasti terpercaya banyak yg nyari hehe

      Hapus
  10. aku harus akui bahwa konsistensi itu masih jadi masalah. Alasan saja sih ini, tapi bisa menulis seminggu sekali saja saya sudah lega banget. PAdahal dengan adanya konsistensi ini kan bisa menarik pembaca juga. Macam, eh hari ini mau BW ke blog A krn pasti ada postingan baru. Gitu yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. idem mbaaa...aku bisa nulis seminggu sekali juga sudah hepi kok haha...apalagi kalo bisa 2x pencapaian hehe

      Hapus
  11. Wah sebenarnya simple ya cuma ya kadang melakukannya gak segampang itu. Menggaet audience itu bukan perkara mudah, kayanya masih PR banget gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. idemmmm mbaaaa....kadng bingung kok cuma segini gini aja gak nambah2 yaa viewers nyaa :(

      Hapus
  12. Aku salah satu orang yang ga pernah terlalu fokus sama SEO mbak. Betul, prinsip sederhanaku asalkan tulisan enak dibaca, yakin deh orang-orang pun akan suka. Apalagi search engine, ehehehe

    Tapi anehnya, makin kesini blogger tuh banyak yang ga memperhatikan hal ini mbak. Bukan satu dua kali aku temui, blog yang tulisannya banyak error, diksinya kurrang tepat, serta ga menarik untuk dibaca. Dan anehnya, yang bikin tulisan begitu malah orang-orang lama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku mo ngikut mas fajar aja deh...nulis yang sesuai hati kita aja yaaa...jangan dipaksain klo memang gak bisa yaa...
      semoga aku gak masuk didalamnya ya mas hihi,,lagi belajar mengurangi error dan nyoba nulis yg enak kayak mas fajar jadi gak ngebosenin klo dibaca :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  13. Sama kayak Mas Fajar nih. Aku juga dulu nulis di blog gak terlalu banyak melihat SEO. Nulis ya nulis aja. Tapi alhamdulillah, dengan banyak baca tulisan teman-teman blogger kayak tulisan ini, jadi sedikit ada catatan. Saat abis nulis, aku jadi lihat keyword, sebarannya, dan yang bisa dibenerin secara minor. Biar bisa terindeks dengan cepat. Kudu banyak belajar lagi soal SEO ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba sedikit demi sedikit lah ya diperbaiki semoga hasilnya lebih baik dari tulisan kita sebelumnya..karena memang SEO kadang tdk semudah yg dibayangkan hehe

      Hapus
  14. Wah terima kasih ya artikelnya, aku jadi dapat pencerahan dari baca artikel ini, aku sudah menerapkan niche literasi, bisa nih ya mempraktekkan content cluster and mapping..jangan lupa internal link juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhh mb dewi sie emang gak perlu diragukan lagi ini kemampuannya dalam dunia literasi yakkk hehe..gak nyangka bisa bersua berkat blog ;)

      Hapus
  15. Iya, aku salut sama blog-blog lama yang komentarnya beneran organik dari pengunjung dan bisa dengan sukarela kembali lagi. Kalau aku baca-baca, audiens loyal ini selalu memberikan komentar layaknya orang diskusi daripada hanya komentar formalitas semata.
    Dan iyayaa.. membangun bonding ini penting.

    Yang suka heran tuh kadang ada blog yang minta dikomentarin, tapi endingnya, komen kita gak dimunculin. Itu mungkin ada penjelasannya gak yaa.. dari sudut pandang SEO?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm itu mungkin dia hanya ingin meningkatkan jumlah pengunjung aja mungkin ya kak tapi menurutku sayang juga sie klo komen nya ga dimunculin terkesan sepi gt gak sie jadinya

      Hapus
  16. Baru baru ini aku menyesal pernah hapus blog yang dari jaman kuliah sudah aku bangun hanya gara-gara gak lolos adsense. Padahal seharusnya aku lebih rajin bljr ttg blog biar gak ketinggalan dan terutama belajar soal SEO. Terima kasih banget mba atas ilmunya, bikin terinsipirasi buat belajar lebih dalam mengenai per-bloggingan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh beneran sayang banget sie itu mbaaa menurutku yaa..klo saja bisa masih same skrg mungkin sudah besar tapi ya udah lah ya dh terlanjur yang penting sekarang semangat bangun blog baru yg lbh baik ya mbaa :)

      Hapus
  17. Allhamdulillah ya bisa belajar tentang SEO dengan pakar langsung. Makasih informasinya Kak. Semoga bisa menerapkan juga.

    BalasHapus
  18. Aku juga sempat ikut nih webinar yang dibawakan Kang Miftah. Menarik sekali pembahasannya tentang SEO Checklist for Blogger dan yah ternyata masih banyak PR di blogku nih.

    BalasHapus
Salam Kenal
erykaditya
Travelling, Kuliner & Lifestyle
Arsip Blog
Komunitas
Emak Blogger Blogger Perempuan
Logo Komunitas BRT Network Female Blogger Banjarmasin
Popular Posts